Drs. Raymon, M.Pd

Drs. Raymon, M.Pd

Drs. Raymon, M.Pd

Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Padang
(Periode Tahun 2011 ” Sekarang)

[Lahir di Bukit Tinggi, 5 Agustus 1969]

Manfaatkan Waktumu ….

Waktu itu berproses dan meninggalkan segala hal yang telah kita lalui, untuk kemudian waktu akan melanjutkan perjalanannya sampai akhirnya kita pun ikut berproses di dalam perjalanan waktu tersebut.

Kita dapat berhenti sejenak untuk mengingat awal langkah perjalanan hidup sebelum akhirnya kita menemukan satu perjalanan indah dan menyenangkan. Masih banyak orang salah dalam melihat dan memaknai sesuatu yang ia lihat sehingga ia berpikiran betapa enak dan mudahnya perjalanan hidup yang hari ini kita dapatkan. Setiap orang memiliki cara sendiri menghadapi hidup yang penuh dengan perjuangan dan hambatan.

Seperti yang kita ketahui bahwa waktu itu berproses dan meninggalkan segala hal yang telah kita lalui, untuk kemudian waktu akan melanjutkan perjalanannya sampai akhirnya kita pun ikut berproses di dalam perjalanan waktu tersebut.

Banyak orang mengatakan bahwa waktu bagaikan pedang yang sangat tajam. Jika waktu telah kita lalui, maka ia takkan pernah kita dapatkan lagi, karena waktu tidak pernah berhenti apalagi kembali. Seperti kata orang tua, jangan pernah kita menyia-nyiakan waktu.

Jadi, persiapkan diri Anda untuk berproses dalam waktu untuk mencapai kesuksesan. Bagaimana pun hasilnya, suksess ataupun gagal adalah kesalahan kita di masa lalu.” Untuk itu persiapkan diri kita untuk menggapai sukses yang sudah menanti di depan kita. Karena sukses akan dicapai oleh orang-orang yang tidak kenal menyerah.

Saya pun mengalaminya. Setiap waktu dalam hidup saya pergunakan dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terlebih ketika orang tua mengarahkan saya untuk menjadi Guru. Terutama ibu saya, beliau yang mendorong dan memotivasi hidup saya sehingga dapat meraih prestasi seperti yang sekarang saya dapatkan, yaitu dipercaya menjadi Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Padang di Sumatera Barat ini.

 

 

 

Nasihat Orang Tua Minang

Lulus dari SMA Negeri 3 di Kota Bukit Tinggi. Kemudian untuk memenuhi permintaan orang tua agar saya dapat menjadi guru, saya melanjutkan ke pendidikan di IKIP Padang dan setelah lulus S1 saya melanjutkan ke S2 di Universitas Negeri Padang.

“Baraja Ka Nan Manang, Mancontoh Ka Nan Sudah” adalah sebuah nasihat yang ditanamkan oleh orang tua di masyarakat Minang kepada anak-anak mereka, yang arti dari nasihat itu adalah Belajarlah kepada orang-orang yang sudah sukses dan ambil pelajaran dari pengalaman yang sudah-sudah agar tidak terjebak dua kali dalam kesalahan yang sama.

Nasihat ini akhirnya saya terapkan sebagai pedoman hidup bagi saya sehingga dapat mencapai sukses dalam meniti karier saya. Meskipun saya sama sekali tidak pernah membayangkan diri saya kelak akan menjadi Kepala Sekolah, karena saya memulai karier pertama kali menjadi Guru di SMK Negeri 6 Padang tahun 1993 silam, yang kemudian kini dipercaya menjadi Kepala Sekolah di SMK Negeri 9 Padang.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya dapat mengangkat nama sekolah SMK Negeri 9 Padang sebagai sekolah berprestasi dan menjadi sekolah rujukan yang diminat warga masyarakat setempat. Keberhasilan saya dalam memimpin sekolah ini adalah karena adanya kerjasama tim manajemen (antara Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program dan semua guru) sehingga dapat mengusung langkah program yang telah kami canangkan bersama sehingga tercapai sukses. Kesuksesan seorang guru juga tidak hanya ditentukan oleh kemampuan mengajar di kelas saja, tetapi dipengaruhi juga oleh faktor pendukung seperti suasana kerja, sarana dan prasarana dan pencitraan di sekolah.

 

 

Menghasilkan Lulusan Siap Kerja

Saya berharap semua anak didik di SMK Negeri 9 Padang hingga dapat menghasilkan lulusan yang dapat diterima di lapangan kerja sehingga mereka dapat mencapai masa depannya.

Dengan mengusung visi “Terwujudnya sekolah model dan berbudaya lingkungan” yang saya terapkan dalam memimpin SMK Negeri 9 Padang dan mencapai berbagai prestasi yang cukup membanggakan, di antaranya: Berhasil menjadikan SMK Negeri 9 Padang menjadi SMK terbaik pertama se provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2012, 2013 dan 2014 serta” menjadi SMK Negeri rujukan di tahun 2016 ini. Selain itu, saya juga berhasil menjadi Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2013 dan menjadi juara Pertama se Provinsi Sumatera Barat dan menjadi Kepala Sekolah Berprestasi, juara Pertama di Kota Padang.

Prestasi yang paling berkesan adalah ketika saya terpilih menjadi Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2013 karena di undang dalam acara kenegaraan bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara dalam memperingati hari Proklamasi RI, 17 Agustus 2013.

Dari prestasi yang pernah saya dapatkan, masih ada hal-hal yang belum terwujud yaitu mengirimkan siswa dalam on jon training atau bekerja ke negara-negara Eropa dan Timur Tengah.

Keberhasilan yang saya capai sekarang tidak lepas dari dukungan dari istri saya, Juni Yeni dan keempat anak saya: Ray Fathur Radhlurrahman, Ray Luthfi Lukmanulhakim, Raysha Syahira Syifa dan Ray Zazfran Z..

Harapan saya ke depan kepada generasi selanjutnya semoga mereka dapat membawa pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membawa generasi muda agar mereka dapat menjadi insan yang dapat menyiapkan masa depannya sendiri. Karena masa depan itu akan terlihat nanti pada waktu mereka sudah bekerja atau menghasilkan suatu karya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *