Langkah Awal Menulis Buku Non Fiksi

Langkah Awal Menulis Buku Non Fiksi

Menulis buku non fiksi membutuhkan beberapa tahapan. Berikut ini adalah langkah-langkah awal untuk memulainya.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama dan terutama memanglah menentukan tema apa yang hendak ditulis. Saat tema sudah di dapat, barulah dapat menentukan langkah selanjutnya untuk memulai menulis.

2. Kumpulkan Referensi

Carilah semua referensi yang memungkinkan untuk mendukung naskah yang sesuai dengan tema tersebut. Untuk referensi dibagi menjadi dua macam, yaitu: Referensi Utama, dan Referensi Pendukung. Usahakan untuk Referensi Utama minimal tiga sampai lima buku. Sedangkan untuk referensi pendukung, terserah jumlahnya

3. Brainstorming Pemetaan Tema

Setelah membaca tuntas semua referensi, dan juga mencatat dan menandai bagian-bagian yang terpenting, maka dengan begitu kita akan semakin mudah untuk mendapatkan tambahan-tambahan ide dari tema utama yang sudah kita tentukan, karena otak kita sudah dipenuhi dengan wawasan seputar tema yang sudah kita tentukan tersebut. Tambahan-tambahan ide tersebut akan semakin memperluwes kita untuk melakukan brainstorming pemetaan tema..

4. Saatnya Menulis

Sekarang, saatnya menuliskan berdasarkan pemetaan yang sudah kita buat tadi. Jangan lupa untuk selalu menyediakan referensinya di sisi samping tempat kita menulis. Saat sewaktu-waktu pikiran mulai mampet, bacalah referensi lagi untuk mendapatkan pencerahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *