Sastrawan Indonesia yang Mendunia

Sastrawan Indonesia yang Mendunia

Dunia sastra di Indonesia memang tidak bisa dianggap remeh, terbukti dengan banyaknya sastrawan Indonesia dengan karya luar biasa yang bahkan diakui dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa karya-karya yang mereka hasilkan juga turut memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia sastra khususnya yang ada di Indonesia sendiri.

Tokoh-tokoh sastra ini tentunya menjadi contoh yang membanggakan sekaligus menjadi lecutan untuk Anda untuk bisa terus berkarya. Tentu saja sebuah karya yang luar biasa tidak lahir tanpa proses. Semua harus ada pengorbanannya, setidaknya untuk mendapatkan hasil karya yang luar biasa dibutuhkan usaha dan proses yang cukup panjang tentunya.

Pramoedya Ananta Toer

Selama hidupnya, sastrawan produktif ini sudah menghasilkan lebih dari 50 karya sastra dan keseluruhan karyanya sudah diterjemahkan menjadi lebih dari 41 bahasa asing. Pramoedya dikenal sebagai penulis yang berani, bahkan karena keberanian itu beliau pernah ditahan pada masa kolonial selama 3 tahun, pada masa orde lama 1 tahun, dan bahkan rezim orde baru pernah menahan Pramoedya selama 14 tahun meskipun tanpa adanya proses pengadilan.

Dengan kontribusi yang diberikan untuk dunia sastra maka tak heran namanya juga dikenal secara luas hingga ke mancanegara. Ada begitu banyak penghargaan yang sudah diterimanya seperti Wertheim Award, UNESCO Madanjeer Singh Prize, dan masih banyak penghargaan lainnya, sehingga namanya sebagai sastrawan Indonesia yang mendunia sudah tidak perlu diragukan lagi.

Taufiq Ismail

Jika Anda mengenal grup musik Bimbo, tentu mengetahui berbagai lagu mereka memiliki lirik yang begitu puitis dan menyentuh. Ternyata beberapa dari lagu yang mereka nyanyikan berasal dari sajak-sajak yang diciptakan oleh Taufiq Ismail. Beliau dianggap sebagai pioner sastra pada tahun 60-an. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kontribusinya yang tidak sedikit untuk dunia sastra terutama di Indonesia.

Banyak karya luar biasa yang sudah dihasilkan oleh Taufiq Ismail seperti Tirani dan Benteng, Puisi-Puisi Langit, Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, dan berbagai karya besar lainnya. Beberapa karya dari Taufiq Ismail juga diterjemahkan dalam bahasa Rusia dan bahasa Inggris. Hal ini yang membuat Taufiq Ismail dikenal secara luas sebagai seorang sastrawan hebat.

Chairil Anwar

Meskipun orang yang tidak terlalu suka sastra tentu pernah mendengar nama Chairil Anwar. Salah satu karya yang melegenda adalah puisi berjudul Aku yang bahkan hingga saat ini masih banyak diperdengarkan. Kemampuan utama dari seorang Chairil Anwar adalah memilih kata yang dapat sampai ke hati siapa pun yang membacanya. Sehingga setiap karyanya yang dibuat tentu tak lekang oleh waktu.

Tak hanya puisi tetapi Chairil Anwar juga menulis beberapa buku dan sama halnya seperti sastrawan Indonesia yang mendunia lainnya, karyanya juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman, belanda, Rusia, dan Latin. Hal ini tentu membuktikan bahwa karya sastrawan ini memang sudah diakui dunia sebagai hasil karya yang jenius.

Tentu setiap sastrawan memiliki kisah perjuangannya masing-masing yang tidak lepas dari kondisi jatuh bangun dalam berkarier. Hal ini harus menjadi contoh untuk tidak mudah menyerah karena setiap perjuangan yang berat akan selalu mendapatkan hadiah yang pantas. Kesuksesan para sastrawan Indonesia yang namanya telah mendunia bisa dicapai karena sikap pantang menyerah bahkan saat diremehkan atau dianggap sebagai pemberontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *