Mengejar Mimpi dengan Membaca

Mengejar Mimpi dengan Membaca

Mengejar Mimpi dengan Membaca

Dengan memiliki Minat baca mereka bisa melihat orang adalah sama seperti dirinya, yang juga bisa meraih mimpi yang fantastis dan bahagia. Ini tentu menjadi motivasi tersendiri untuk mereka dalam menjalani hidup. Terutama mensyukuri hidup dan perjuangan yang akan mereka lakukan dalam mencapai impian mereka.

Membaca buku adalah media yang paling mudah yang bisa kita dapatkan. Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang bisa kita dapatkan lewat membaca. Kita bisa belajar berbagai genre buku yang dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah yang ada. Tentu saja kita akan lebih banyak tahu sesuatu yang belum tentu diketahui orang lain.

Keuntungan lain dari membaca buku adalah bisa mengembangkan diri sesuai kebutuhan, bisa mengoptimalkan diri dengan cara yang lebih mudah daripada tidak membaca buku sama sekali. Buku juga bisa menghemat biaya yang besar untuk belajar. Kita bisa belajar langsung tanpa harus bertemu dengan penulisnya. Jelas bukan, membaca memberikan banyak kemudahan.

Orang yang mau belajar dan mencari kebenarannya akan memberikan penilaian yang berbeda dengan masyarakat pada umunya. Di mana yang lain merasa itu berbahaya tapi mereka yang tahu kebenarannya akan memberi makna yang berbeda. Jadi mereka tidak akan terjebak pada pandangan yang salah yang membuat mereka menutup diri akan manfaat besar yang bisa mereka dapatkan untuk diri mereka sendiri.

Nah, Ayah bunda yuk ajak anak-anak kita agar mencintai membaca sejak dini agar tumbuh Minat baca dan belajarnya, sehingga mereka menjadi pribadi yang senang belajar dan terus semangat dalam meraih cita-citanya. (Ern)

 

Motivasi Membaca Buku

Motivasi Membaca Buku

Saya akan memberi beberapa petunjuk tentang motivasi yang biasa digunakan oleh orang-orang yang ingin mulai membiasakan diri membaca buku dalam hidupnya.

Berikut adalah daftar pilihan yang bisa Anda gunakan :

Untuk Mengejar Prestasi – Para pelajar rela menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku untuk mendapatkan prestasi dibidang akademik. Semakin tinggi prestasi akademik yang mereka peroleh, semakin besar peluang mereka untuk diterima di perusahaan-perusahaan terkenal.

Sebagai Bahan Menulis Sesuatu – Biasanya alasan ini digunakan oleh orang-orang yang bekerja di dunia tulis menulis. Mereka membaca buku untuk menyempurnakan apa yang mereka tulis. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan dari membaca buku, semakin baik karya tulis yang mereka hasilkan.

Untuk Mengisi Waktu Luang – Beberapa orang membaca buku dengan santai untuk mengisi waktu luang yang mereka miliki. Biasanya mereka adalah kutu buku yang bisa membaca buku dengan jenis apapun.

Untuk Pengembangan Diri – Saya berpendapat bahwa di negara-negara maju masyarakatnya membaca buku untuk mempelajari skill-skill baru sehingga mereka menjadi pribadi yang lebih unggul dan lebih berbahagia. Mereka menyukai buku-buku motivasi dan buku tutorial untuk melakukan sesuatu hal dengan cara terbaik.

Catatan : Jika Anda tidak punya pengalaman membaca sama sekali, mungkin alasan terbaik adalah untuk mencari hiburan karena kebiasaan membaca buku yang saya memiliki dipicu alasan tersebut.

 

Mengekspresikan Kreatifitas Dalam Mendesain.

Mengekspresikan Kreatifitas Dalam Mendesain.

Sebagai seorang desainer grafis kamu bisa dengan leluasa mengekspresikan kreatifiasmu. Jika kamu merasa gelisah dengan masalah politik dinegeri ini, kamu bisa mengekspresikannya dengan membuat beberapa desain yang menyindir bagaimana politik dinegeri ini.

Saat ini kegelisahan yang dialami kebanyakan desainer adalah tentang urusan bayaran. Banyak klien yang ingin mendapatkan desain bagus tapi tidak mau bayar mahal. Dan konyolnya lagi, desain itu harus cepat selesai. Bahkan ada yang menyindir tentang harga teman, atau gratis.

Dengan ilmu desain yang kamu miliki, kamu bisa membuat sebuah poster sederhana atau meme untuk menyindir fenomena ini. Bahkan ada yang membuat meme tentang kegalauan cinta versi desainer grafis.

Baiknya, kamu bisa membuat pemahaman tetang fenomena tersebut dengan sebuah infografis yang berisi tentang data-data yang didapatkan dari berbagai sumber.

 

Tips Mendapatkan Inspirasi Desain

Tips Mendapatkan Inspirasi Desain

 

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan kalau lagi bingung atau mentok dalam mencari inspirasi untuk desainmu.

  1. Perbanyak Baca Buku

Untuk meningkatkan referensi kamu, sebaiknya perbanyaklah membaca buku. Carilah buku-buku yang menginspirasi, baik itu majalah maupun buku karya para master dibidangnya. Atau kalau tidak terlalu suka membaca buku, hal yang kamu lakukan ialah bisa datang ke toko buku dan lihat berbagai referensi desain sampul buku dan poster di sana. Siapa tahu dengan begitu kamu bisa mendapatkan ide.

  1. Melihat Blog Desain

Referensi lain yang bisa kamu cari ialah dengan melihat blog desain. Cari blog-blog yang mengupas tentang desain grafis untuk menemukan inspirasi baru dan tahu perkembangan desain grafis. Jangan lupa mem-bookmarkwebsite atau blog yang menarik dan menginspirasi ya, agar kamu bisa membukanya kembali tanpa perlu repot untuk mengetik keyword-nya lagi.

  1. Jalan-Jalan

Kamu pusing tidak mendapatkan ide sedangkan desainmu? Jalan-jalan bisa menjadi salah satu solusi. Loh kok jalan-jalan? Nanti deadlinenya tidak terkejar? Tenang guys! Tidak usah jalan-jalan yang jauh dan memakan waktu banyak. Kamu cukup jalan-jalan di taman sekitar rumah atau kantormu. Selain itu dengan jalan-jalan keluar, kita akan lebih dapat melihat banyak objek desain yang terpampang di jalan, apalagi sekarang sudah banyak sekali desain-desain iklan yang sangat bagus di pasang di jalan.

  1. Lakukan Kegiatan yang Kamu Sukai

Langkah ini sebenarnya relatif tergantung tiap individu. Ketika sudah buntu, biasanya kita butuh melakukan aktivitas yang kita sukai. Kalau kamu suka main game, maka lakukanlah dengan waktu yang cukup, jangan terlalu berlebihan. Dengan melakukan aktivitas yang disenangi, tentunya membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan bisa mendapatkan ide baru secepat mungkin.

  1. Redesain Karya Sendiri

Selanjutnya, hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi ialah buka file lama pekerjaan kamu. Ketika muncul pemikiran baru yang belum terlintas saat mendesain pada waktu itu, coba bongkar ulang dan bikin desain baru.  Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuanmu kembali.

Nah, itu dia ketujuh hal yang bisa kamu lakukan kalau sedang suntuk atau bingung banget dalam mendapatkan ide, tapi yang perlu kita ingat adalah setiap kegiatan selingan yang kita lakukan harus tetap bertanggung jawab ya creative people!

 

Langkah Awal Menulis Buku Non Fiksi

Langkah Awal Menulis Buku Non Fiksi

Menulis buku non fiksi membutuhkan beberapa tahapan. Berikut ini adalah langkah-langkah awal untuk memulainya.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama dan terutama memanglah menentukan tema apa yang hendak ditulis. Saat tema sudah di dapat, barulah dapat menentukan langkah selanjutnya untuk memulai menulis.

2. Kumpulkan Referensi

Carilah semua referensi yang memungkinkan untuk mendukung naskah yang sesuai dengan tema tersebut. Untuk referensi dibagi menjadi dua macam, yaitu: Referensi Utama, dan Referensi Pendukung. Usahakan untuk Referensi Utama minimal tiga sampai lima buku. Sedangkan untuk referensi pendukung, terserah jumlahnya

3. Brainstorming Pemetaan Tema

Setelah membaca tuntas semua referensi, dan juga mencatat dan menandai bagian-bagian yang terpenting, maka dengan begitu kita akan semakin mudah untuk mendapatkan tambahan-tambahan ide dari tema utama yang sudah kita tentukan, karena otak kita sudah dipenuhi dengan wawasan seputar tema yang sudah kita tentukan tersebut. Tambahan-tambahan ide tersebut akan semakin memperluwes kita untuk melakukan brainstorming pemetaan tema..

4. Saatnya Menulis

Sekarang, saatnya menuliskan berdasarkan pemetaan yang sudah kita buat tadi. Jangan lupa untuk selalu menyediakan referensinya di sisi samping tempat kita menulis. Saat sewaktu-waktu pikiran mulai mampet, bacalah referensi lagi untuk mendapatkan pencerahan.

 

Cara Kreatif Menyimpan Buku di Rumah

Cara Kreatif Menyimpan Buku di Rumah

Apakah Anda sudah menata koleksi buku di rumah dengan rapi? Atau mungkin setelah membeli buku-buku tersebut Anda hanya letakkan di rumah dan ketika mau membacanya Anda lupa dimana menaruhnya.

Simak beberapa cara kreatif dalam mengatur buku-buku di rumah.

Kumpulkan semua buku menjadi satu

IdeMenyimpanBuku-MenjadiSatu

Membuat perpustakaan di rumah semudah mengatur beberapa rak buku. Jika Anda memiliki dinding di rumah yang belum digunakan, misalnya di dekat tangga, letakkan dua rak buku bersebelahan dan cat rak buku dengan warna yang sesuai dengan dekorasi rumah.

Rak buku di dinding

IdeMenyimpanBuku-BangunRak

Daripada hanya membuat rak buku dengan gaya tradisional yang dibuat dari lantai hingga ke langit-langit, pertimbangkan untuk membuat beberapa rak penyimpanan berbentuk kotak dan ditempelkan ke dinding agar terlihat lebih modern. Cat rak-rak tersebut dengan warna yang senada dengan dinding.

Pergunakan ruang yang luas

IdeMenyimpanBuku-RuanganygLuas

Gunakan ruang yang luas di rumah, seperti ruang keluarga, untuk membuat sudut perpustakaan yang nyaman. Letakkan beberapa rak buku di belakang sofa untuk menyimpan buku, majalah, dan koleksi lainnya. Tambahkan lampu di bagian sisi sofa untuk memberikan pencahayaan yang cukup di tempat membaca.

Membingkai Jendela

IdeMenyimpanBuku-BingkaiJendela

Bingkai jendela dengan menaruh rak buku di samping jendela. Anda bisa duduk santai di dekat jendela sambil menikmati buku kesayangan.

 

6 Tips Supaya Kamu Suka Membaca

6 Tips Supaya Kamu Suka Membaca

Lewat buku, kamu jadi tahu segala hal yang sebelumnya kamu nggak tahu. Memang sih sekarang sudah ada yang namanya internet, tapi keberadaan buku tetap nggak bisa tergantikan. Nah, biar kamu jadi berwawasan luas, mulai sekarang kamu harus suka membaca. Nih Loop kasih tips biar kamu jadi gemar membaca. Simak ya.

  1. harus punya motivasi buat membaca

Biar kamu jadi gemar membaca, kamu harus punya motivasi, Loopers. Misalnya nih, kamu bakal jadi lebih berwawasan luas dengan membaca.

  1. Mulailah membaca sesuatu yang kamu suka

Sebagian besar kesalahan orang-orang saat mulai membaca adalah membaca hal-hal yang nggak mereka sukai, Loopers. Nah, makanya penting banget buat kamu untuk cari tahu jenis bacaan apa yang kamu suka. Kalo sudah ketemu, baru deh kamu mulai membaca sesuatu yang memang kamu sukai.

  1. Berteman sama yang suka membaca

Ada yang bilang kalo kamu berteman sama orang pintar, maka kamu akan ikutan pintar. Nah, hal ini berlaku juga buat membaca. Kamu bisa berteman dengan orang-orang yang memang suka membaca. Atau kamu bisa juga ikutan komunitas buku yang ada di daerahmu.

  1. Sisihkan waktumu khusus buat membaca

Kebanyakan orang malas membaca karena waktunya yang nggak tepat, Loopers. Nah, biar kamu nggak malas membaca, coba deh kamu sisihkan waktumu khusus buat membaca. Buat suasana dan tempat kamu membaca jadi senyaman mungkin. Dengan begitu, segala informasi yang kamu baca akan lebih mudah terserap ke dalam otakmu.

  1. Minta rekomendasi buku dari orang lain

Kamu nggak tahu jenis bacaan apa yang kamu sukai” Kalo begitu, coba deh buat minta rekomendasi buku bacaan dari orang lain.

  1. Tumbuhkan rasa ingin tahumu

Dengan rasa ingin tahu yang besar, tentunya akan membuat semangat membacamu bertambah. Misal nih kamu lagi ada di toko buku, dan kamu membaca sinopsis salah satu buku.

Tenang aja, membaca nggak akan membuang-buang waktumu kok. Soalnya dari sanalah kamu bisa mengembangkan pikiranmu dan yang pasti wawasanmu jadi luas banget.

Oke, selamat membaca, Loopers.

 

5 Tips Konsisten Dalam Menulis

5 Tips Konsisten Dalam Menulis

Menulis itu kegiatan yang menyenangkan saya akan memberikan beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar bisa konsisten dalam menulis. Apa saja”

1. Tentukan Niche Market Anda

Sebelum memula menulis, Anda harus paham siapa market Anda”, mereka tertarik dengan bahasan seperti apa”, bagaimana bahasa yang mereka gunakan”. Dengan memahami berbagai hal ini, akan memudahkan Anda untuk mulai menulis sesuai dengan yang mereka sukai

2. Perbanyak Membaca

Jika dulu baca buku pelajaran sekolah sudah merasa malas, sekarang ayo paksa diri Anda untuk rajin membaca, pastinya baca buku yang menurut Anda menarik dan relate dengan bisnis maupun hobi Anda. Dengan banyak membaca, secara otomatis akan timbul ide-ide dalam menulis.

3. Tulislah Dengan Hati

Menulis dengan hati akan mudah diterima juga di hati pembaca, karena getaran hati akan tersampaikan lewat tulisan. Saat menulis, Saya pribadi selalu meniatkan memberi dampak postif kepada pembaca dan memberikan impact, bukan image.

4. Anggap Pembaca Sebagai Teman

Jika dalam pikiran Anda berpikir, para pembaca adalah orang asing, maka yang timbul adalah rasa tidak percaya diri untuk sharing. Tapi jika Anda menganggap mereka sebagai teman, tulisan akan mengalir layaknya mengobrol santai dengan satu orang.

5. Sebutkan Kata Yang Personal

Dalam penulisan, gunakan kata yang tidak jamak saat menyebutkan pembaca, seperti kata “kamu” dan “anda”, hal itu dilakukan agar kita sebagai penulis dan pembaca terasa lebih dekat. Merasakan sensasi diajak bicara dalam tulisan.

Hal ini yang selalu Saya lakukan kepada Anda, agar terasa kita ngobrol berdua.