Temukan Motivasi Menulis Anda

Temukan Motivasi Menulis Anda

Dengan adanya berbagai manfaat menulis yang bisa Anda dapatkan maka menumbuhkan motivasi menulis tentu sangatlah penting. Tidak jarang para penulis pemula sering kali merasa semangat di awal proses menulis tetapi kemudian semangat itu redup di tengah jalan. Sehingga penulisan naskah yang seharusnya sudah selesai menjadi harus terhambat dan semakin lama bisa diselesaikan.

Kondisi seperti ini harus diatasi dengan baik agar tidak sampai menghambat proses penulisan naskah. Jadi hal ini bisa diatasi jika Anda mengetahui cara untuk meningkatkan motivasi saat menulis. Dengan begitu penulisan naskah akan lebih cepat terselesaikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat optimal dari proses menulis tersebut. 

Memahami Manfaat Menulis

Dengan adanya pemahaman mengenai manfaat dari menulis maka akan ada dorongan lebih untuk menyelesaikan dan mendapatkan manfaat tersebut. Jadi nantinya Anda akan mengetahui langkah selanjutnya yang memang harus dilakukan untuk bisa menyelesaikan proses menulis naskah Anda dengan baik. Dari pemahaman akan manfaat tersebut Anda akan mendapatkan motivasi menulis yang tepat dan menguntungkan.

Berpikir Secara Perlahan

Anda tidak perlu terburu-buru dalam melakukan proses menulis karena jika terlalu memaksakan diri maka Anda akan merasa terpaksa untuk menyelesaikannya. Maka Anda harus memikirkannya secara perlahan dan merencanakan semuanya. Dengan begitu Anda memiliki waktu untuk memikirkan semuanya dengan baik dan membuat timeline khusus untuk menyelesaikan naskah yang sedang ditulis. Cara ini cukup efekif untuk dilakukan agar motivasi menulis tidak sampai menurun.

Terlalu Banyak Membandingkan Karya

Biasanya para penulis pemula akan menurun motivasinya untuk menulis karena tidak bisa mengukur kualitas tulisannya sendiri. Terlalu banyak membandingkan dengan karya orang lain membuat Anda kemudian akan merasa ragu dengan tulisan sendiri. Sehingga kemudian semangat untuk menulis menjadi kendor dan akhirnya malas untuk menulis lagi. Solusinya Anda harus lebih banyak lagi membaca buku, dengan begitu akan memudahkan Anda untuk mengetahui buku yang berkualitas itu seperti apa.

Ubah Motivasi yang Salah

Ketika Anda menulis dengan motivasi untuk mendapatkan pujian dari orang lain maka hal itu adalah sebuah kesalahan. Jika nantinya Anda tidak mendapatkan pujian tersebut maka rasa kecewa yang muncul akan menurunkan motivasi yang ada. Sehingga Anda harus membuat motivasi baru yang lebih tepat. Setidaknya memiliki karya yang bermanfaat untuk orang lain, dengan begitu Anda tidak membutuhkan pujian atau sanjungan dari orang lain untuk karya yang sudah dihasilkan asal memiliki manfaat bagi banyak orang.

Dengan memastikan motivasi yang dimiliki itu sudah benar maka akan lebih mudah proses Anda dalam menyelesaikan sebuah naskah tulisan. Menemukan motivasi menulis yang tepat memang membutuhkan waktu, tetapi Anda harus segera melakukannya agar tidak sampai mengganggu timeline yang sudah dibuat untuk penyelesaian naskah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *