Tips Mendapatkan Inspirasi Desain

Tips Mendapatkan Inspirasi Desain

 

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan kalau lagi bingung atau mentok dalam mencari inspirasi untuk desainmu.

  1. Perbanyak Baca Buku

Untuk meningkatkan referensi kamu, sebaiknya perbanyaklah membaca buku. Carilah buku-buku yang menginspirasi, baik itu majalah maupun buku karya para master dibidangnya. Atau kalau tidak terlalu suka membaca buku, hal yang kamu lakukan ialah bisa datang ke toko buku dan lihat berbagai referensi desain sampul buku dan poster di sana. Siapa tahu dengan begitu kamu bisa mendapatkan ide.

  1. Melihat Blog Desain

Referensi lain yang bisa kamu cari ialah dengan melihat blog desain. Cari blog-blog yang mengupas tentang desain grafis untuk menemukan inspirasi baru dan tahu perkembangan desain grafis. Jangan lupa mem-bookmarkwebsite atau blog yang menarik dan menginspirasi ya, agar kamu bisa membukanya kembali tanpa perlu repot untuk mengetik keyword-nya lagi.

  1. Jalan-Jalan

Kamu pusing tidak mendapatkan ide sedangkan desainmu? Jalan-jalan bisa menjadi salah satu solusi. Loh kok jalan-jalan? Nanti deadlinenya tidak terkejar? Tenang guys! Tidak usah jalan-jalan yang jauh dan memakan waktu banyak. Kamu cukup jalan-jalan di taman sekitar rumah atau kantormu. Selain itu dengan jalan-jalan keluar, kita akan lebih dapat melihat banyak objek desain yang terpampang di jalan, apalagi sekarang sudah banyak sekali desain-desain iklan yang sangat bagus di pasang di jalan.

  1. Lakukan Kegiatan yang Kamu Sukai

Langkah ini sebenarnya relatif tergantung tiap individu. Ketika sudah buntu, biasanya kita butuh melakukan aktivitas yang kita sukai. Kalau kamu suka main game, maka lakukanlah dengan waktu yang cukup, jangan terlalu berlebihan. Dengan melakukan aktivitas yang disenangi, tentunya membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan bisa mendapatkan ide baru secepat mungkin.

  1. Redesain Karya Sendiri

Selanjutnya, hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi ialah buka file lama pekerjaan kamu. Ketika muncul pemikiran baru yang belum terlintas saat mendesain pada waktu itu, coba bongkar ulang dan bikin desain baru.  Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuanmu kembali.

Nah, itu dia ketujuh hal yang bisa kamu lakukan kalau sedang suntuk atau bingung banget dalam mendapatkan ide, tapi yang perlu kita ingat adalah setiap kegiatan selingan yang kita lakukan harus tetap bertanggung jawab ya creative people!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *