Trik Menulis 11: Membuat Judul Buku Menarik

Trik Menulis 11: Membuat Judul Buku Menarik

Salah satu bagian yang sangat penting dalam proses penyelesaian naskah buku adalah membuat judul buku menarik. Tidak dapat dipungkiri bahwa judul buku menjadi bagian yang juga akan menarik perhatian calon pembaca Anda. Sehingga dalam membuat judul buku Anda harus memastikannya memiliki kualitas yang baik dan memang menarik perhatian.

Dalam membuat judul buku sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah asalkan Anda mengetahui cara untuk melakukannya. Judul buku yang menarik dan menjual tentunya juga akan meningkatkan proses penjualan buku Anda secara lebih optimal. Sehingga pada akhirnya Anda juga akan merasakan keuntungan dari proses tersebut.

Menuliskan Topik Buku

Anda bisa menuliskan topik buku yang ditulis secara keseluruhan, agar lebih memudahkan Anda juga bisa menuliskannya dalam bentuk poin-poin. Sehingga nantinya Anda bisa mengetahui poin utama dari topik tersebut yang bisa dijadikan sebagai dasar penentuan judul buku menarik nantinya. Langkah ini juga akan sangat membantu Anda untuk mengenali buku secara lebih optimal.

Menambahkan Power Words

Power words adalah kata yang dapat memancing ketertarikan dan mendekati emosi dari seseorang. Setelah Anda merumuskan topik utama yang akan menarik perhatian kemudian pilih power words yang akan digunakan, tentunya pemilihan kata ini harus yang memang mampu menyentuh emosi pembaca secara tepat sasaran. Maka hal yang juga perlu untuk dipertimbangkan adalah memahami sasaran pembaca terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan kata yang tepat untuk menyentuh emosi mereka.

Merumuskannya Jadi Lebih Unik

Setelah Anda mendapatkan formula poin penting dari langkah sebelumnya maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuatnya menjadi lebih unik. Untuk beberapa jenis buku dan sasaran pembaca biasanya akan lebih suka jika menggunakan tambahan bahasa Inggris karena terlihat lebih keren. Selain mempertimbangkan masalah pengucapan buku yang terkesan keren, and juga perlu untuk mempertimbangkan judul yang eye catching.

Judul yang Informatif

Meskipun Anda ingin membuat judul buku menarik dan unik tetapi jangan sampai judul tersebut tidak memberikan gambaran yang jelas mengenai tujuan dari isi konten buku dibuat. Pastikan ketika orang lain melihat judul buku Anda, mereka sudah mengetahui topik utama di dalamnya dan merasa buku tersebut cocok untuk memenuhi kebutuhannya dengan baik. Untuk memperjelas tujuan buku Anda maka bisa menambahkan tagline yang sesuai kebutuhan penjelasan isi buku.

Melakukan Mini Survey

Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan dengan meminta pendapat dari teman terdekat terkait judul buku menarik yang sudah Anda buat. Bisa juga dengan meminta pendapat dari editor atau tim kreatif yang menangani naskah buku Anda ketika menerbitkan di penerbit indie. Tentu saja hal itu akan menjadi penguat dan mematangkan konsep judul yang digunakan pada buku Anda nantinya.

Dengan mengaplikasikan beberapa langkah tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat judul buku yang menarik dan menjual. Menarik perhatian pembaca menjadi tujuan utama dari pembuatan judul buku menarik maka Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan baik dan cermat agar tidak sampai salah dalam menyusun judul buku yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *