Trik Menulis Buku Untuk Anda yang Super Sibuk

Trik Menulis Buku Untuk Anda yang Super Sibuk

Untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan atau bisa dikatakan sibuk tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menulis buku. Ada trik khusus yang bisa Anda aplikasikan untuk menghasilkan buku ditengah kesibukan. Meskipun Anda memiliki banyak kegiatan tetapi kegiatan menulis masih bisa dilakukan dengan baik untuk menghasilkan karya yang bermanfaat untuk banyak orang.

Perlu diperhatikan pengaturan waktu Anda dengan baik agar buku yang diinginkan bisa diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan. Maka Anda harus bisa mengatur semuanya dengan baik jika ingin menyelesaikan buku tersebut tepat waktu dan mendapatkan banyak manfaat dari proses tersebut semaksimal mungkin.

Membangun Konsep Buku

Sebelum Anda mulai untuk menulis buku ada baiknya membuat konsep buku secara keseluruhan terlebih dahulu. Gambaran kasar buku harus Anda ketahui dengan baik mulai dari tema, konsep dasar, hingga sasaran target pembaca yang akan dikejar. Sehingga dengan begitu Anda sudah tahu hal yang memang perlu dipersiapkan sebelum menulis naskah buku tersebut termasuk materi yang harus dikumpulkan terlebih dahulu.

Harus Dipaksakan Untuk Menulis

Anda harus menentukan target halaman yang ditulis setiap harinya untuk mengejar target penyelesaian buku yang ditentukan sebelumnya. Sehingga saat menulis Anda bisa menuliskan apa pun yang terpenting mampu memenuhi target halaman yang sudah ditentukan setiap harinya. Tidak perlu bingung dengan isinya tetapi penuhi target Anda dan mulai disiplinkan diri. Menyesuaikan dengan kesibukan Anda yang lain maka sebaiknya target yang ditentukan juga perlu untuk dipertimbangkan dengan baik agar tidak sampai terlalu memberatkan.

Menipu Otak Saat Mulai Merasa Malas

Ketika Anda merasa sudah cukup lelah dengan kegiatan yang dilakukan di hari itu maka bisa mencoba untuk menipu otak. Caranya adalah berpikir atau mengatakan pada diri sendiri, “ayo mulai menulis, Cuma sedikit kok tidak berat.” Dengan begitu Anda tidak akan merasa terbebani dengan kegiatan menulis tersebut dan mulai untuk menuangkan ide-ide tulisan yang lebih banyak lagi. Jangan memikirkan tentang proses editing yang penting menulis saja dulu, masalah kerapian dan kelengkapan bisa ditambahkan belakangan.

Memanfaatkan Waktu Senggang

Ketika Anda sedang memiliki sedikit waktu senggang maka manfaatkanlah untuk menulis atau setidaknya membuat rancangan atau kisi-kisi buku Anda. Dengan kegiatan menulis ini Anda juga bisa menuangkan segala emosi dan menjadi terapi yang menenangkan untuk diri Anda sendiri. Sehingga sebenarnya kegiatan menulis buku ini bukan menjadi beban baru di tengan kesibukan Anda tetapi justru membantu untuk memberikan sedikit ketenangan.

Dengan melakukan beberapa trik tersebut maka Anda akan mampu untuk menjadi penulis yang produktif meskipun memiliki segudang kegiatan yang menyibukkan Anda. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menulis dan menghasilkan buku bermanfaat. Jangan ragu untuk menulis dan tidak perlu takut naskah ditolak karena Anda masih bisa memanfaatkan penerbit indie untuk menerbitkan buku tersebut. Hal yang terpenting adalah mulailah menulis buku dan temukan trik Anda sendiri untuk bisa menyelesaikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *