Kesulitan Dalam Menulis Untuk Penulis Pemula

Kesulitan Dalam Menulis Untuk Penulis Pemula

Biasanya penulis pemula mengalami kendala atau kesulitan dalam menulis sebuah naskah. Memang hal yang wajar ketika baru memulai sebuah pekerjaan maka akan ada berbagai kendala yang akan Anda hadapi. Hal yang harus dilakukan tentu saja adalah terus belajar dan memperbaiki hal tersebut. Dengan begitu naskah yang ditulis atau dihasilkan akan semakin berkualitas.

Menghadapi berbagai kendala yang ada selama menulis memang harus menjadi perhatian terutama untuk Anda seorang penulis pemula. Sehingga nantinya naskah buku yang dihasilkan juga semakin berkualitas. Peningkatan kualitas ini tentu saja akan membuat Anda menjadi penulis yang semakin berkembang dan mahir tentunya.

Malas Mencari Sumber Referensi

Rasa malas ini memang menjadi kendala umum yang dihadapi banyak orang, sehingga solusi yang paling tepat untuk dilakukan adalah mengendalikan diri sendiri. Anda harus bsa mendorong diri untuk mencari referensi yang tepat. Membaca buku referensi yang terkadang membosankan memang menjadi kesulitan dalam menulis yang dialami oleh banyak penulis pemula. Jadi Anda harus memiliki target tersendiri dalam membaca buku referensi sebagai pendukung proses peningkatan kualitas tulisan Anda.

Kurangnya Latihan Menulis

Penulis pemula biasanya merasa kesulitan untuk bisa mengembangkan tulisannya karena kurang melakukan latihan. Dikarenakan kurangnya membiasakan diri untuk menulis mengakibatkan kalimat yang Anda hasilkan saat menulis menjadi masih terkesan kaku. Sehingga nantinya ketika dibaca memang tidak nyaman, sehingga Anda harus mulai untuk meluangkan waktu melakukan latihan menulis. Tidak harus dengan naskah yang panjang, tetapi Anda bisa melakukannya dengan membuat artikel pendek sebagai latihan.

Merasa Krisis Ide

Banyak penulis pemula yang merasa kehabisan ide untuk naskah yang akan ditulis. Maka Anda harus kreatif untuk menjadi bahan bahasan yang akan dituliskan dalam naskah tersebut. Ada banyak ide yang bisa diambil di sekitar kita asalkan Anda bisa lebih peka terhadap berbagai detail kejadian dan hal-hal yang ada di sekitar. Dengan begitu Anda memiliki masalah yang bisa dikembangkan dalam naskah lebih lanjut.

Merasa Takut Melakukan Kesalahan

Masalah terbesar yang menjadi kesulitan dalam menulis terutama bagi penulis pemula adalah merasa takut untuk melakukan kesalahan. Ketika hal tersebut yang ada dalam pikiran Anda maka tidak akan bisa berkembang dengan baik tulisan yang dibuat. Rasa takut untuk dikritik atau tulisan tidak diterima akan membuat pikiran Anda menjadi tertutup serta tidak berkembang. Maka ketika Anda menulis sebaiknya menulis saja tanpa perlu takut untuk ditolak atau dikritik karena nantinya naskah tersebut masih bisa diperbaiki.

Berbagai kendala tersebut memang biasanya berasal dari diri Anda sendiri sebagai penulis. Maka kendalikan diri dan menulislah dengan perencanaan yang tepat. Sehingga nantinya Anda akan dapat merasakan manfaat dari pengendalian diri yang tepat untuk menghindari kesulitan dalam menulis ini sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *